Laman

Minggu, 27 April 2014

Resep Black Forest

Black Forest

Dari sekian banyak jenis cake, rasanya black forest (BF) adalah cake yang paling populer dan sering diorder. Pokoknya belum lengkap jadi bakul kue kalau belum ada yg ngorder si BF ini :)

Tapi walau sudah sering membuat BF (yang menurut saya cukup enak rasanya *geer mode-on), saya masih kesulitan membuat pagar coklatnya. Lihat saja foto di atas, pagarnya masih belepotan kan? Untungnya saya masih bisa berkilah: kan BF itu intinya seperti hutan, jadi coklatnya diibaratkan ranting atau kayu di hutan, walau kalau dilihat BF saya di atas itu seperti hutan bambu ya..hahahahaha..
Sebenarnya pingiiiiin sekali bisa membuat cetakan coklat yang rapi seperti foto-foto BF di blog-blog kuliner, cuma saya masih bingung dengan caranya, maklum ini bakul kue otodidak *nyengir. Dari yang saya baca katanya dicetak dengan plastik mika, tapi saya masih belum mudeng. Mungkin belajar sambil jalan ya, sekarang dikerjain dulu saja sebisanya.

Anyway, ini resep BF andalan saya yang saya "contek" dari blog ricke-ordinarykitchen.blogspot.com.
BF ini lembut sekali dan tidak eneg, pas sekali di lidah saya, dan semoga cocok juga di lidah teman-teman yang mau mencobanya ^-^

Untuk base cakenya menggunakan Chocolate Sponge Cake (menurut mbak Ricke adalah resep dari Yongki Gunawan) :

Bahan :

8 kuning telur
7 telur utuh
200 gr gula pasir halus (saya pakai gula pasir biasa saja sih)
15 gr cake emulsifier ( saya pakai ovalete)
1 sdt vanili bubuk
100 gr terigu
25 gr maizena
25 gr coklat bubuk
15 gr susu bubuk
150 gr margarin / butter, lelehkan
1 sdm coklat pasta, bila suka

Cara membuat :

Panaskan oven, siapkan loyang (saya menggunakan loyang bulat ukuran 18 cm), olesi loyang dengan margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi margarin lagi.
Campur dan ayak terigu, vanili, maizena, coklat bubuk dan susu bubuk, sisihkan.
Kocok telur, gula dan cake emulsifier sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Masukkan campuran tepung, aduk dengan spatula atau bisa juga dengan mixer berkecepatan rendah (kalau tenaga tidak kuat untuk ngaduk ;p ).
Masukkan margarin/butter leleh, aduk balik dengan spatula sampai tidak ada lagi endapan margarin di bagian bawah adonan, karena kalau masih ada endapan bisa menyebabkan cake menjadi bantat. Tambahkan coklat pasta, aduk rata.
Tuang adonan dalam loyang, oven sampai matang, bila dilakukan tes tusuk tidak ada lagi adonan yang melekat di tusukan, apalagi bagian tengah adonan.
Dinginkan cake, belah menjadi 3 bagian.
* Sedikit tips untuk membelah cake agar rata dan tidak miring: taruh cake di atas cake board yang bisa diputar, pegang bagian tengah atas cake, lalu putar perlahan cake sambil pelan-pelan mengiris cake dari bagian pinggir.



Sekarang dilanjutkan dengan membuat simple syrup yang akan diperciki di setiap permukaan cake yang telah dibelah.
Caranya : panaskan 300 ml air dengan 100 gr gula pasir sampai mendidih. Angkat, dinginkan.

Selanjutnya membuat vla dark cherry. Biasanya dark cherry langsung saya susun saja sebagai isian BF, namun kali ini saya ingin membuatnya lebih kental seperti vla agar lebih istimewa seperti di resep mbak ricke ^^
Berikut bahannya :

1 kaleng dark cherry, pisahkan buah dari airnya lalu belah 2 buahnya, sisihkan.
300 ml air (gabungan air dark cherry dengan air biasa, kurang lebih setengah-setengah)
50 gr gula pasir
3 sdm maizena, dilarutkan dengan sedikit air di atas

Masak air dengan gula sampai gula larut, kecilkan api, masukkan maizena, aduk sampai kental mendidih dan meletup-letup. Matikan api, masukkan buah dark cherry, aduk rata. Nah, kita akan mendapatkan vla dark cherry yang kental.



Selanjutnya siapkan whip cream untuk bahan olesan. Saya menggunakan whip cream bubuk, ikuti cara pengolahannya yang tertera di kemasan. Sebaiknya setelah disiapkan, simpan dahulu whip cream dalam kulkas agar tidak terlalu cair pada saat mengoles. Biasanya saya membuat dahulu whip cream ini sebelum mulai membuat base cake.

Bila semua sudah siap, BF siap untuk didekor.
Perciki semua permukaan cake yang telah dibelah dengan simple syrup, oles dengan whip cream dan vla dark cherry, tutup dengan belahan cake lainnya. Kira-kira seperti ini :


Olesi seluaruh permukaan dengan whip cream, dekor sesuai selera dengan spuit, hias dengan taburan dark cooking chocolate dan buah cherry segar. Saya biasanya menyerut DCC menggunakan parutan singkong, sedang untuk pagar coklat saya belum menemukan 'formula' yang tepat..hiks..

So, selamat mencoba membuat Black Forest ^^


























1 komentar: