Laman

Minggu, 20 April 2014

Resep Classic Cheese Cake

Classic Cheese Cake

Sudah berapa lama ini saya ingin sekali mencoba membuat Japanese Cheese Cake setelah melihat review dari berbagai blog kuliner. Terbayang lembutnya cake ini dan rasa yang pasti ngeju banget (ya iyalah..wong namanya cheese cake hihihi). Namun apa daya di kota tempat tinggal saya ini tidak ada satupun toko yang menjual cream cheese, padahal bahan utama JCC ini ya si cream cheese itu.

Akhirnya setelah browsing sana sini ketemu resep cheese cake yang tidak memakai cream cheese di blog ricke-ordinarykitchen.blogspot.com. Namun tentunya sudah diwanti-wanti kalau rasanya pasti beda sama JCC, namun yang pasti tetap ngeju. Kebetulan ada teman yang memesan cake yang 'harus keju' karena sudah bosan sama coklat dan harus didekor cakenya. Maka jadilah si CCC ini :)

Nah, ini dia resepnya :

Bahan Cake :

Telur 8 butir
Garam 1/4 sdt
Gula pasir 120 gr
Cake emulsifier (ovalete/sp/tbm) 1 sdm
Terigu 180 gr
Maizena 25 gr
Susu bubuk 20 gr
Baking powder 1 sdt
Margarin 120 gr, lelehkan
Keju cheddar 50 gr, parut

Bahan simple sirup (untuk olesan di tengah kue) :

Gula pasir 50 gr
Air 150 ml
Esens vanila 1/4 sdt
(Panaskan air dan gula sampai gula larut, masukkam esens vanila, angkat)

Bahan filling krim keju :

Whip cream bubuk 100 gr
Air es 200 ml
Cheese spread 2 sdm (saya skip karena tidak dijual disini hiks..)
Keju cheddar 30 gr, parut
(Kocok whip cream bubuk dan air es sampai kaku, masukkan keju cheddar parut, aduk rata. Dinginkan di kulkas).

Bahan polesan (white ganache) :

Whip cream bubuk 100 gr
Air es 200 ml
White Cooking Chocolate (WCC) 250 gr, di-tim terlebih dahulu
(Kocok whip cream bubuk  dan air es sampai kaku, masukkan WCC yang telah didinginkan, kocok rata. Dinginkan di kulkas)

Note : sebaiknya filling dan white ganache ini dibuat terlebih dahulu sebelum membuat base cake agar bisa diinapkan lebih lama di kulkas, supaya urusan poles memoles nanti lebih mudah ;)

Cara membuat :

Panaskan oven, siapkan loyang bulat diameter 20-24 cm, oles dengan margarin, dilapis kertas roti, dioles margarin kembali.
Campur dan ayak terigu, maizena, susu bubuk, dan baking powder, sisihkan.
Kocok telur, gula, garam dan cake emulsifier sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan vanila, kocok rata. Tambahkan campuran terigu, tetap kocok dengan mixer berkecepatan rendah.
Masukkan margarin cair, aduk balik sampai tidak ada lagi endapan margarin di dasar adonan (ini penting supaya cake nanti tidak bantat). Masukkan keju parut, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven sampai matang berwarna kuning kecoklatan, dan bila dilakukan tes tusuk tidak ada lagi adonan yang menempel di lidi/tusukan.
Lepaskan cake dari loyang, belah 2 atau 3 cake, oles simple sirup di setiap permukaan cake yang dibelah tadi, lalu oles dengan filling krim keju.
Susun dan atur cake, oles seluruh permukaan dengan white ganache, hias sesuai selera dengan menggunakan spuit, taburi keju parut, hias dengan cherry atau sesuai selera.

Jadilah si CCC ini. Memang tidak bisa selembut JCC, tetapi yang pasti tetap ngeju. Apalagi polesan white ganache membuat rasanya makin enak dan tidak eneg seperti bila dioles buttercream biasa.

Selamat mencoba ya ^_^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar