Laman

Jumat, 18 April 2014

Resep Pie Apel

Pie

Ini adalah salah satu resep kesukaan saya karena mudah dibuat dan uenaaak sekali rasanya: manisnya apel dengan taburan gula dipadu asinnya kulit pie :)
Resepnya sendiri saya ambil dari blog mbak Ricke (ricke-ordinarykitchen). Mohon izinnya ya mbak untuk dishare resepnya. Saya sendiri penggemar berat blognya mbak Ricke karena dari blog-nya saja ketahuan betapa jagonya mbak Ricke memasak. Resepnya beragam dan selalu bagus terlihat karena teknik foto yang OK (jangan dibandingkan sama saya yang newbie ini ya..hiks..).
Anyway, ini resepnya yang sudah saya modifikasi sedikit sesuai adanya bahan di dapur saya.

Bahan Pie Crust (kulit pie) :

Terigu 500 gr
Margarine 300 gr (kalau di resep aslinya harus didinginkan tetapi saya biasanya dengan suhu ruang saja & seharusnya bukan margarin tetapi butter tapi oh tetapi sulitnya menemukan butter di kota saya & kalaupun ada harganya buat nangis..hiks..)
Kuning telur 3 butir
Gula halus 2 sdm
Garam 1/2 sdt
Vanilla 1 sdt

Campur margarin, telur, gula halus, garam dan vanila, aduk rata. Tambahkan terigu, aduk sampai berbutir. Biasanya saya menggunakan garpu. Lalu padatkan dan dibentuk bulat. Taruh dalam wadah dan bungkus dengan plastik. Simpan di kulkas kurang lebih 30 menit.

Bahan Isi:

Apel 6 buah (biasanya saya menggunakan apel fuji karena apel granny smith sesuai resep aslinya sudah didapat di kota saya)
Air jeruk lemon/nipis 1sdm
Gula pasir 100 gr
Gula palem 2 sdm (resep aslinya menggunakan gula aren bubuk/gula merah yang diiris halus)
Garam 1/4 sdt
Kayu manis bubuk 2 sdt (biasanya saya skip karena saya kurang suka aroma kayu manis)
Maizena 2 sdm
Margarin 50 gr
Kismis 50 gr

Kupas apel, potong dadu kecil, tempatkan dalam wadah, beri air jeruk lemon/nipis, aduk rata. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata lalu simpan di kulkas ±30 menit sampai keluar airnya.
Setelah itu taburi maizena, aduk rata. Panaskan di api kecil sambil diaduk hingga kental. Matikan api, masukkan margarin sampai meleleh, tambahkan kismis, aduk rata, dinginkan.
Setelah bahan isian sudah siap, kita beralih ke bahan kulitnya. Adonan tepung yang telah didinginkan ditaruh dalam loyang pie (bisa loyang besar atau kecil sesuai selera) yang sudah dioles margarine. Ratakan, tusuk-tusuk dengan garpu lalu isi dengan adonan isi. Sisa adonan tepung dipotong kecil untuk hiasan di atasnya. Oles dengan kocokan kuning telur agar kilap, lalu panggang sampai kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar